Saturday, April 13, 2013

WAWANCARA PENGUSAHA SAWIT


Nama              : Wahyu Nugroho
NIM                : 09081055
Fakultas          : Psikologi
Study               : Psikologi Industri dan Organisasi

Mewawancarai Kepala Sekolah SD N2 Sumber Harum (Palembang). Namanya Bapak Suwarno, beliau menjadi kepala sekolah dikarenakan ditunjuk langsung dari Kepala Dinas tanpa ada pemberitahuan, beliau tiba-tiba saja langsung di lantik menjadi kepala sekolah padahal beliau tidak pernah mengusulkan untuk menjadi kepala sekolah, dikarenakan beliau memang tidak ada minat untuk menjadi kepala sekolah.
Arti bekerja menurut beliau adalah sangat penting sekali, penting menurut beliau adalah bekerja untuk dapat berguna baik bagi diri sendiri dan juga orang lain. Bagi diri sendiri beliau menganggapnya sebagai ibadah, maksudnya beliau menganggap pekerjaan yang ia jalani saat ini merupakan amanah dari atasan yang harus dijalankan dengan baik. Kepala Sekolah menurut beliau lebih berat dikarenakan ia harus dapat menjadi contoh untuk seluruh anggota sekolah, dapat memperbaiki keadaan sekolah saat ini, mempertahankan yang sudah ada / berjalan, dan juga menciptakan sesuatu yang baru yang berguna untuk masa depan sekolah, seperti; pembuatan taman belajar yang dulu tidak pernah ada. Menurup bapak Suwarno, menjadi kepala sekolah malah tidak dapat apa-apa bila di pandang dari segi uang (bayaran) dikarenakan untuk mengurusi urusan sekolah bila harus ke kecamatan paling tidak sekurang-kurangnya beliau membutuhkan uang 70.000,- sekali berangkat yaitu untuk bensin dan juga makan. Sedangkan tunjangann sebagai Kepala Sekolah 108.000,- total gaji yang diterima 2.534.000,-. “malahan saya sering tombok” ucapnya. Makanya ia memaknai sebagai ibadah supaya beliau tidak mengeluh.

Berguna untuk orang lain yaitu membenahi atministrasi Sekolah yang masih kurang terkoordinir, buku surat keluar masuk siswa yang dulu tidak ada sekarang diadakan, pembukuan keuangan PNS dan GTT, data siswa yang baru, pengisian nomor induk siswa yang dulu tidak diisi sekarang telah diisi semua. Menjadikan sekolah bertahap nasional baik dari sistem belajar mengajar maupun fasilitas dan juga lingkungannya. Dari sigi sistem belajar mengajar menerapkan kedisiplinan terhadap para guru untuk masuk dan keluar mengajar tepat waktu, menyediakan perpustakaan yang lengkap untuk belajar. Sedangkan dari segi lingkungan sekolah, bapak Suwarno ingin membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman dan enak untuk di lihat. Sekolahan yang ideal menurut beliau adalah sekolah yang mempunyai pagar yang permanen (pagar beton), lingkungan yang sehat seperti WC yang bersih beserta kran airnya, memiliki sarana ekstrakulikuler yang lengkap, seperti sarana olahraga lapangan voly, tenis meja, bulu tangkis dll.
Hal yang disukai dalam pekerjaanya ini adalah ia mendapatkan kehormatan dan juga banyak kenalan, dikarenakan apa bila pada saat kumpul (rapat kepala sakolah) kita dapat bertemu dengan banyak kepala sekolah yang lain yang berbeda daerah, sehingga bisa saling kenalan. Hal yang tidak disukai dalam pekerjanya adalah seringnya diadakan rapat mendadak dari atasan yang membuat beliau terpaksa membatalkan semua kegiatannya pada saat itu juga. 

No comments:

Post a Comment